Pengaruh model pembelajaran value clarification technique terhadap pemahaman nilai keteladanan peserta didik pada mata pelajaran SKI

Aulia, Sofa Fatimah Nurul Aulia (2025) Pengaruh model pembelajaran value clarification technique terhadap pemahaman nilai keteladanan peserta didik pada mata pelajaran SKI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peran strategis dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga bermoral dan spiritual. Pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah, nilai-nilai keteladanan tokoh Islam, menjadi materi penting dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Namun, pembelajaran yang dominan menggunakan metode ceramah menyebabkan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique terhadap pemahaman nilai keteladanan peserta didik pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Salafiyah III. Model VCT dipilih karena fokus pada eksplorasi, klarifikasi, dan internalisasi nilai melalui aktivitas aktif seperti diskusi dan refleksi, sehingga mendorong peserta didik untuk berpikir kritis terhadap nilai-nilai yang dipelajari. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model VCT dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Data dikumpulkan melalui tes objektif untuk mengukur pemahaman nilai keteladanan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Terdapat perbedaan antara kedua kelompok, yang menunjukkan bahwa model VCT memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman peserta didik, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < α = 0,05 yang artinya Ha diterima. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique memberikan pengaruh dalam meningkatkan pemahaman nilai keteladanan peserta didik pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini memberikan kontribusi sebagai alternatif inovatif dalam pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di tingkat dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran VCT; Pemahaman Peserta Didik; Nilai keteladanan
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sofa Fatimah Nurul Aulia
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:06
Last Modified: 12 Nov 2025 02:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/124891

Actions (login required)

View Item View Item