Aktivitas kampanye public relations pencegahan,pemberantasan,penyalahgunaan,dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dalam program remaja teman sebaya : Studi Deskriptif Kualitatif di BNN Kota Bandung

fadhlurrahman, fauzi (2025) Aktivitas kampanye public relations pencegahan,pemberantasan,penyalahgunaan,dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dalam program remaja teman sebaya : Studi Deskriptif Kualitatif di BNN Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kampanye Public Relations merupakan serangkaian aktivitas komunikasi yang dilakukan secara persuasif bertujuan mempengaruhi khalayak. Tingginya angka penyalahgunaan obat-obatan terlarang, pergaulan bebas, dan pengaruh negatif dalam pertemanan menjadi hal serius untuk dicegah. BNN Kota Bandung melakukan kegiatan Kampanye Public Relations bertujuan memberikan edukasi dan pembentukan ketahanan diri remaja terhadap penyalahgunaan narkoba serta menciptakan lingkungan pertemanan yang positif sejak dini. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Kampanye Public Relations P4GN dalam Program Remaja Teman Sebaya yang dilakukan oleh BNN Kota Bandung melalui model Kampanye Public Relations PIE yang dikemukakan oleh Randy Bobbitt dan Ruth Sullivan. Model kampanye humas ini terdiri dari tiga elemen yaitu Planning, Implementation, and Evaluation. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif kualitatif dengan paradigman konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian diarahkan pada tahapan model kampanye humas PIE diterapkan dalam pelaksanaan program kampanye humas. Hasil penelitian menunjukan Kampanye Public Relations P4GN Remaja Teman Sebaya oleh BNN Kota Bandung dilaksanakan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan memanfaatkan media yang dekat dengan remaja. Pendekatan partisipatif dan berbasis kebutuhan audiens menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan pemahaman, sikap, dan ketahanan diri remaja terhadap bahaya narkoba. BNN Kota Bandung menjalankan program Kampanye Public Relations dengan dikaitkan pada model kampanye humas PIE melalui tiga tahapan yang dilakukan meliputi: (1) Planning berfokus pada identifikasi target audiens, pembentukan tim pelaksana, dan merancang pesan kampanye. (2) Implementation berfokus pada pelaksanaan kampanye secara tatap muka, memanfaatkan media digital, dan media radio. (3) Evaluation dilakukan dengan penyebaran angket dan analisis dampak kampanye.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Public Relations; Penyalahgunaan Narkoba; Teman Sebaya
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Political Process > Campaigns for Nominations
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Fauzi Fadhlurrahman
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:11
Last Modified: 06 Nov 2025 08:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125124

Actions (login required)

View Item View Item