Sutisna, Trisna (2023) Penerapan model Think Pair Share pada materi khutbah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
Trisna .pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terdapat pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Khutbah di kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung, Hasil belajar siswa menggunakan metode ceramah pada proses pembelajaran dalam kategori kurang dan belum mencapai nilai KKM (75). Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi khutbah adalah dengan menggunakan model Think Pair Share. Apakah model Think Pair Share itu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi khutbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa pada materi khutbah sebelum menggunakan model Think Pair Share di kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung. 2) Penerapan model Think Pair Share di kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung 3) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi khutbah setelah menggunakan model Think Pair Share di kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Model Think Pair Share (TPS) yaitu memberikan waktu lebih banyak kepada siswa untuk berpikir, merenung, berdiskusi dengan teman sekelas, dan memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 30 siswa dari kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 4 Bandung, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, studi dokumen, dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan analisi hasil observasi dan analisi hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa pada materi khutbah sebelum menggunakan model Think Pair Share masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 70,3% dan persentase ketuntasan 36,3%. 2) Penerapan model TPS berjalan baik sesuai dengan tahapan. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus pertama rata-rata aktivitas guru adalah 73%, dan pada siklus kedua 86%, untuk rata-rata aktivitas siswa pada siklus pertama 70%, dan pada siklus kedua 84%.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Trisna Trisna Sutisna Sutisna |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 08:16 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 23:11 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



