Puspitasari, Sevia Ratna (2025) Pengaruh penggunaan media Augmented Reality pada pembelajaran hewan buas terhadap perkembangan kognitif anak usia dini: Kuasi eksperimen di Kelompok B TKQ Tarbiyatul Huda Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan perkembangan kognitif anak di TKQ Tarbiyatul Huda bahwa hasil observasi awal menunjukkan sebagian besar anak usia 5–6 tahun belum mampu mengenali dan mengingat ciri-ciri hewan dengan tepat, mengalami kesulitan dalam mengelompokkan objek berdasarkan karakteristik tertentu, serta kurang menunjukkan kemampuan menjelaskan kembali informasi yang telah diterima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perkembangan kognitif anak usia dini menggunakan augmented reality (kelas eksperimen); (2) Perkembangan kognitif anak usia dini menggunakan poster (kelas kontrol); dan (3) Perbedaan perkembangan kognitif antara menggunakan media augmented reality dengan poster di Kelompok B TKQ Tarbiyatul Huda Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Penelitian ini mengacu pada teori yang mengungkapkan bahwa media augmented reality memiliki potensi besar untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan karena banyak anak yang lebih responsif terhadap pembelajaran visual. Dengan menampilkan objek tiga dimensi yang seolah nyata, sehingga membantu anak memahami konsep secara konkret, menarik, dan mudah dipahami, dan berpotensi mendukung perkembangan kognitif, khususnya dalam mengenali hewan buas. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan signifikan perkembangan kognitif anak usia dini antara menggunakan media augmented reality (kelas eksperimen) dengan poster (kelas kontrol). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yang menggunakan teknik sampling jenuh. Subjek pada penelitian ini berjumlah 27 anak di kelompok B TKQ Tarbiyatul Huda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak usia dini menggunakan augmented reality pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 62 yang diinterpretasikan pada kategori cukup dan memperoleh nilai rata-rata postest sebesar 86 yang diinterpretasikan pada kategori sangat baik. Sedangkan perkembangan kognitif anak usia dini menggunakan poster pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58 yang diinterpretasikan pada kategori kurang dan memperoleh nilai rata-rata postest 71 yang diinterpretasikan pada kategori baik. Hasil uji t diperoleh t hitung > t tabel dengan nilai 4,01 > 2,06 pada taraf signifikansi 5%, maka hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan kognitif anak usia dini di kelompok B TKQ Tarbiyatul Huda antara media augmented reality (kelas eksperimen) dengan poster (kelas kontrol).
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Augmented Reality; Pembelajaran Hewan Buas; Perkembangan Kognitif; Anak Usia Dini |
| Subjects: | Elementary Education > Elementary Education in Indonesia Human Physiology > Child Development |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
| Depositing User: | Sevia Ratna Puspitasari Sevia |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 07:03 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 07:03 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



