Abdillah, Ajeng Nadia Utami (2025) Pembelajaran berbasis proyek terintegrasi stream pada pembuatan teh kombucha untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan mengembangkan kreativitas siswa. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
||
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
||
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
||
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
||
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis dan kreativitas merupakan kompetensi esensial abad ke-21 yang masih tergolong rendah, terutama pada materi bioteknologi yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan dan dampak pembelajaran berbasis proyek Project-Based Learning (PjBL) yang terintegrasi pendekatan STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, and Mathematics) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain exploratory sequential. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling Subjek penelitian adalah siswa kelas IX pada salah satu SMP di Kabupaten Cianjur. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi awal berupa tujuan pembelajaran dan miskonsepsi ssiwa serta hasil deksripsi observasi keterlaksanaan dan refleksi siswa, sedangkan data kuantitatif tes berpikir kritis dan penilaian kreativitas berbasis Creativity Product Analysis Matrix (CPAM). Hasil menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Rata-rata N-Gain berpikir kritis kelas eksperimen mencapai 0,7057 (kategori tinggi), dengan indikator tertinggi pada "menyusun kesimpulan" (0,77). Kreativitas siswa juga menunjukkan capaian sangat baik, dengan skor tertinggi pada aspek "resolution" sebesar 94,3%. Refleksi siswa mengindikasikan peningkatan pemahaman konseptual dan antusiasme dalam proses pembelajaran. Gagasan baru dalam penelitian ini adalah integrasi aspek keberlanjutan dan nilai lokal ke dalam desain proyek sains berbasis PjBL-STREAM, yang menunjukkan potensi signifikan dalam mengembangkan keterampilan kognitif siswa secara menyeluruh me lalui pembelajaran yang kontekstual dan berbasis pengalaman.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis; kreativitas; PjBL-STREAM; teh kombucha; |
| Subjects: | Miscellany of Nature Sciences Education, Research Technology, Applied Sciences |
| Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
| Depositing User: | Ajeng Nadi Utami A |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 01:23 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 01:35 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



