Peningkatan komunikasi sains siswa menggunakan model Pjbl berbasis Etno-Stream (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts and Mathematics) pada pembuatan oncom Pasir Reungit Sumedang

Zahra, Hawdhiya Kayla Pradina (2025) Peningkatan komunikasi sains siswa menggunakan model Pjbl berbasis Etno-Stream (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts and Mathematics) pada pembuatan oncom Pasir Reungit Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan keterampilan komunikasi sains siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Etno–STREAM pada pembuatan oncom pasir reungit Sumedang. Penelitian menggunakan metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group dan teknik purposive sampling. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas X-1 (eksperimen) dan X-4 (kontrol) masing-masing 36 orang di salah satu SMA Kecamatan Cimalaka. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, modul ajar, tugas kinerja, dan soal komunikasi sains dengan indikator: mengubah bentuk penyajian data, menggambarkan data dalam grafik/tabel, menjelaskan hasil, membaca grafik/tabel, dan mendiskusikan kegiatan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pada kategori sangat baik, dengan rata-rata aktivitas siswa 89,04% dan guru 90,46%. Rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,7 (kategori tinggi) dan kontrol 0,48 (kategori sedang). Indikator tertinggi adalah mengubah bentuk penyajian data, sedangkan indikator terendah adalah menjelaskan hasil. Uji-t menunjukkan perbedaan signifikan dengan perbedaan signifikan (p = 0,001 < 0,05). Rata-rata nilai produk kelas eksperimen 82,29 (baik) dan kontrol 75 (cukup). Refleksi siswa menunjukkan respon positif terhadap aspek Fact (83,3%), Filling (83,3%), Finding (91,7%), dan Future (83,3%). PjBL berbasis Etno-STREAM meningkatkan komunikasi sains dan memberikan pengalaman belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etno-STREAM; komunikasi sains; pembuatan oncom Pasir Reungit; Project Based Learning
Subjects: Education, Research
Education
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Hawdhiya Kayla Pradina Zahra
Date Deposited: 11 Nov 2025 02:02
Last Modified: 11 Nov 2025 02:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125346

Actions (login required)

View Item View Item