Zahra, Hawdhiya Kayla Pradina (2025) Peningkatan komunikasi sains siswa menggunakan model Pjbl berbasis Etno-Stream (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts and Mathematics) pada pembuatan oncom Pasir Reungit Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan keterampilan komunikasi sains siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Etno–STREAM pada pembuatan oncom pasir reungit Sumedang. Penelitian menggunakan metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group dan teknik purposive sampling. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas X-1 (eksperimen) dan X-4 (kontrol) masing-masing 36 orang di salah satu SMA Kecamatan Cimalaka. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, modul ajar, tugas kinerja, dan soal komunikasi sains dengan indikator: mengubah bentuk penyajian data, menggambarkan data dalam grafik/tabel, menjelaskan hasil, membaca grafik/tabel, dan mendiskusikan kegiatan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pada kategori sangat baik, dengan rata-rata aktivitas siswa 89,04% dan guru 90,46%. Rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,7 (kategori tinggi) dan kontrol 0,48 (kategori sedang). Indikator tertinggi adalah mengubah bentuk penyajian data, sedangkan indikator terendah adalah menjelaskan hasil. Uji-t menunjukkan perbedaan signifikan dengan perbedaan signifikan (p = 0,001 < 0,05). Rata-rata nilai produk kelas eksperimen 82,29 (baik) dan kontrol 75 (cukup). Refleksi siswa menunjukkan respon positif terhadap aspek Fact (83,3%), Filling (83,3%), Finding (91,7%), dan Future (83,3%). PjBL berbasis Etno-STREAM meningkatkan komunikasi sains dan memberikan pengalaman belajar.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Etno-STREAM; komunikasi sains; pembuatan oncom Pasir Reungit; Project Based Learning |
| Subjects: | Education, Research Education Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Hawdhiya Kayla Pradina Zahra |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 02:02 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 02:02 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



