Aqilah, Sonya Isma (2025) Strategi dakwah Fuadh Naim pada penggemar K-Pop Islam dalam program #babopini di kanal YouTube "Fuadh Naim Official". Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover Skripsi.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (PLAGIASI)
Lulus Plagiasi Sonya.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena K-Pop memengaruhi generasi muda, termasuk Muslim, sehingga menjadi tantangan sekaligus peluang dakwah Islam. Fuadh Naim, pendakwah muda dan mantan penggemar K-Pop, merancang strategi relevan melalui program #BABOPINI di YouTube, memadukan dakwah digital dan budaya populer untuk membangun komunikasi efektif dengan audiens beridentitas budaya tertentu. Penelitian ini menganalisis strategi dakwah Fuadh Naim kepada penggemarK-Pop Islam melalui program #BABOPINI di YouTube, mencakup efektivitas penyampaian pesan, respons audiens, dan manfaat yang diperoleh. Hasilnya diharapkan berkontribusi pada pengembangan model dakwah digital berbasis budaya populer yang sesuai kebutuhan generasi muda Muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis penelitian ini mengacu pada teori Uses and Gratification untuk memahami motif audiens dan teori Manajemen Strategi Komunikasi Fred R. David untuk memetakan langkah strategis dakwah, keduanya relevan menjelaskan interaksi media, strategi, dan perilaku audiens. Hasil penelitian menunjukkan Fuadh Naim menggabungkan edukasi, hiburan, dan budaya K-Pop secara seimbang, menciptakan gratification sought dan obtained signifikan. Strateginya mencakup topik relevan, bahasa komunikatif, visual menarik, dan interaksi aktif. Audiens sebagai active audience memperoleh manfaat religius, edukatif, dan emosional sesuai kebutuhan. Kesimpulan penelitian ini menyatakan strategi dakwah Fuadh Naim melalui #BABOPINI efektif menjangkau penggemar K-Pop Islam dengan menempatkan audiens sebagai pusat komunikasi aktif. Pendekatan ini menjadi model dakwahdigital kontekstual, kreatif, dan responsif, direkomendasikan bagi pendakwah untuk mengintegrasikan budaya populer demi meningkatkan keterlibatan dan relevansi pesan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | DakwahDigital; K-Pop,UsesandGratification; ManajemenStrategi Komunikasi; Fuadh Naim |
| Subjects: | Islam > Da'wah General Management > Planning and Strategic Management |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Sonya Isma Aqilah |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 01:23 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 01:23 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



