Strategi dakwah Fuadh Naim pada penggemar K-Pop Islam dalam program #babopini di kanal YouTube "Fuadh Naim Official"

Aqilah, Sonya Isma (2025) Strategi dakwah Fuadh Naim pada penggemar K-Pop Islam dalam program #babopini di kanal YouTube "Fuadh Naim Official". Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Skripsi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PLAGIASI)
Lulus Plagiasi Sonya.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena K-Pop memengaruhi generasi muda, termasuk Muslim, sehingga menjadi tantangan sekaligus peluang dakwah Islam. Fuadh Naim, pendakwah muda dan mantan penggemar K-Pop, merancang strategi relevan melalui program #BABOPINI di YouTube, memadukan dakwah digital dan budaya populer untuk membangun komunikasi efektif dengan audiens beridentitas budaya tertentu. Penelitian ini menganalisis strategi dakwah Fuadh Naim kepada penggemarK-Pop Islam melalui program #BABOPINI di YouTube, mencakup efektivitas penyampaian pesan, respons audiens, dan manfaat yang diperoleh. Hasilnya diharapkan berkontribusi pada pengembangan model dakwah digital berbasis budaya populer yang sesuai kebutuhan generasi muda Muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis penelitian ini mengacu pada teori Uses and Gratification untuk memahami motif audiens dan teori Manajemen Strategi Komunikasi Fred R. David untuk memetakan langkah strategis dakwah, keduanya relevan menjelaskan interaksi media, strategi, dan perilaku audiens. Hasil penelitian menunjukkan Fuadh Naim menggabungkan edukasi, hiburan, dan budaya K-Pop secara seimbang, menciptakan gratification sought dan obtained signifikan. Strateginya mencakup topik relevan, bahasa komunikatif, visual menarik, dan interaksi aktif. Audiens sebagai active audience memperoleh manfaat religius, edukatif, dan emosional sesuai kebutuhan. Kesimpulan penelitian ini menyatakan strategi dakwah Fuadh Naim melalui #BABOPINI efektif menjangkau penggemar K-Pop Islam dengan menempatkan audiens sebagai pusat komunikasi aktif. Pendekatan ini menjadi model dakwahdigital kontekstual, kreatif, dan responsif, direkomendasikan bagi pendakwah untuk mengintegrasikan budaya populer demi meningkatkan keterlibatan dan relevansi pesan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: DakwahDigital; K-Pop,UsesandGratification; ManajemenStrategi Komunikasi; Fuadh Naim
Subjects: Islam > Da'wah
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sonya Isma Aqilah
Date Deposited: 20 Nov 2025 01:23
Last Modified: 20 Nov 2025 01:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125371

Actions (login required)

View Item View Item