Sulaeman, Hanna Alfitra (2025) Pengaruh pembelajaran proyek berbasis Etno-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts and Mathematics) terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada pembuatan peuyeum Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
||
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model Project Based Learning (PjBL) berbasis pendekatan Etno-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, and Mathematics) berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains (KPS) peserta didik pada pembelajaran pembuatan peuyeum Bandung. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group dan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-10 (kelas eksperimen) dan X-1 (kelas kontrol) di salah satu SMA di Bandung Barat, masing-masing berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, angket refleksi, asesmen produk, dan soal KPS. Indikator KPS yang dikaji mencakup: mengamati, mengontrol variabel, merumuskan hipotesis, melakukan eksperimen, menyimpulkan, dan mengomunikasikan hasil. Hasil menunjukkan bahwa keterlaksanaan model berada pada kategori sangat baik, dengan rata-rata ketercapaian aktivitas siswa 90,88% dan guru 89,3%. Rata-rata skor N-gain kelas eksperimen sebesar 0,70 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,50 (kategori sedang). Indikator tertinggi di kelas eksperimen adalah melakukan eksperimen, dan di kelas kontrol adalah mengontrol variabel. Uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, menandakan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Rata-rata nilai asesmen produk kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 78,75, keduanya dalam kategori baik. Refleksi siswa menunjukkan tanggapan positif pada aspek Fact (58%), Filling (55%), Finding (58%), dan Future (42%). Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL berbasis Etno-STREAM pada pembelajaran pembuatan peuyeum Bandung dapat menjadi alternatif pembelajaran yang mendukung penguatan keterampilan proses sains dan memberikan pengalaman belajar yang kontekstual bagi peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Etno-STREAM; Keterampilan Proses Sains; Pembuatan Peuyeum Bandung; Project Based Learning; |
| Subjects: | Biology Biology > Data Processing and Analysis of Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Hanna Alfitra Sulaeman |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 02:11 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 02:11 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



