Analisis perilaku impulsive buying dalam transaksi E-Commerce menurut perspektif ekonomi syariah

Kamilah, Gadis Rizky Ardiliya (2025) Analisis perilaku impulsive buying dalam transaksi E-Commerce menurut perspektif ekonomi syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Surat Keterangan Lolos Gadis.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mendorong maraknya transaksi e-commerce di Indonesia. Salah satu fenomena yang muncul akibat kemudahan akses ini adalah perilaku impulsive buying, di mana konsumen membeli barang secara spontan tanpa perencanaan. Dari perspektif ekonomi syariah, perilaku ini menimbulkan dilema karena berpotensi melanggar prinsip pengendalian diri, menghindari israf (pemborosan), dan menjauhi gharar (ketidakpastian). Konsumsi yang tidak terkendali dapat menyebabkan kerugian finansial dan berlawanan dengan nilai-nilai Islam yang mengutamakan pengelolaan keuangan yang bijak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku impulsive buying dalam transaksi e-commerce dan meninjau fenomena ini dari perspektif ekonomi syariah. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku impulse buying pada konsumen e-commerce, seperti promosi, diskon, pengaruh sosial, dan desain aplikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Informan penelitian terdiri dari konsumen e-commerce dengan latar belakang berbeda serta pakar ekonomi syariah untuk memberikan perspektif teologis dan praktis terkait perilaku konsumsi impulsif. Kerangka berpikir dalam penelitian ini dibangun dari prinsip dasar ekonomi syariah, yaitu konsumsi yang seimbang dan bertanggung jawab, serta pentingnya menghindari perilaku pemborosan (israf) dan ketidakpastian (gharar). Perilaku impulsive buying dianalisis melalui faktor-faktor yang memengaruhinya, seperti promosi, pengaruh sosial, dan kemudahan teknologi. Kemudian, perilaku ini ditinjau berdasarkan prinsip-prinsip syariah untuk melihat sejauh mana perilaku tersebut dapat diterima atau bertentangan dengan ajaran Islam. Berdasarkan hasil penelitian ini didapati bahwa tingkat pembelian impulsif oleh pengguna e-commerce ada kategori pembelian setengah terencana. Faktor yang mempengaruhi adalah promo,harga dan karakteristik konsumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Perilaku impulsive buying ditandai dengan pembelian spontan tanpa perencanaan dan minim pertimbangan. Konsumen sering membeli dengan informasi terbatas, dipengaruhi terutama oleh promosi, lalu harga, dan karakteristik konsumen. Dalam ekonomi syariah, perilaku ini dianggap boros dan merugikan. Konsumen e-commerce seperti Shopee lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan, bertentangan dengan prinsip keseimbangan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: TIDAK ADA LAMPIRAN
Uncontrolled Keywords: Impulsive buying; E-commerce; Ekonomi Syariah
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Gadis Rizky Ardiliya Kamilah
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:19
Last Modified: 13 Nov 2025 08:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125375

Actions (login required)

View Item View Item