Kamilah, Gadis Rizky Ardiliya (2025) Analisis perilaku impulsive buying dalam transaksi E-Commerce menurut perspektif ekonomi syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Surat Keterangan Lolos Gadis.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mendorong maraknya transaksi e-commerce di Indonesia. Salah satu fenomena yang muncul akibat kemudahan akses ini adalah perilaku impulsive buying, di mana konsumen membeli barang secara spontan tanpa perencanaan. Dari perspektif ekonomi syariah, perilaku ini menimbulkan dilema karena berpotensi melanggar prinsip pengendalian diri, menghindari israf (pemborosan), dan menjauhi gharar (ketidakpastian). Konsumsi yang tidak terkendali dapat menyebabkan kerugian finansial dan berlawanan dengan nilai-nilai Islam yang mengutamakan pengelolaan keuangan yang bijak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku impulsive buying dalam transaksi e-commerce dan meninjau fenomena ini dari perspektif ekonomi syariah. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku impulse buying pada konsumen e-commerce, seperti promosi, diskon, pengaruh sosial, dan desain aplikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Informan penelitian terdiri dari konsumen e-commerce dengan latar belakang berbeda serta pakar ekonomi syariah untuk memberikan perspektif teologis dan praktis terkait perilaku konsumsi impulsif. Kerangka berpikir dalam penelitian ini dibangun dari prinsip dasar ekonomi syariah, yaitu konsumsi yang seimbang dan bertanggung jawab, serta pentingnya menghindari perilaku pemborosan (israf) dan ketidakpastian (gharar). Perilaku impulsive buying dianalisis melalui faktor-faktor yang memengaruhinya, seperti promosi, pengaruh sosial, dan kemudahan teknologi. Kemudian, perilaku ini ditinjau berdasarkan prinsip-prinsip syariah untuk melihat sejauh mana perilaku tersebut dapat diterima atau bertentangan dengan ajaran Islam. Berdasarkan hasil penelitian ini didapati bahwa tingkat pembelian impulsif oleh pengguna e-commerce ada kategori pembelian setengah terencana. Faktor yang mempengaruhi adalah promo,harga dan karakteristik konsumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Perilaku impulsive buying ditandai dengan pembelian spontan tanpa perencanaan dan minim pertimbangan. Konsumen sering membeli dengan informasi terbatas, dipengaruhi terutama oleh promosi, lalu harga, dan karakteristik konsumen. Dalam ekonomi syariah, perilaku ini dianggap boros dan merugikan. Konsumen e-commerce seperti Shopee lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan, bertentangan dengan prinsip keseimbangan dalam Islam.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Additional Information: | TIDAK ADA LAMPIRAN |
| Uncontrolled Keywords: | Impulsive buying; E-commerce; Ekonomi Syariah |
| Subjects: | Econmics |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Gadis Rizky Ardiliya Kamilah |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 08:19 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 08:54 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



