Maulidah, Fauzia Siti (2018) Efektivitas pendekatan saintifik model 5m dengan penilaian AABTLT with SAS pada pembelajaran fisika. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penilaian autentik yang belum seluruhnya diterapkan sebagai suatu teknik evaluasi pembelajaran, dimana guru masih terfokus pada penilaian autentik hasil akhir saja, namun tidak dengan penilaian prosesnya. Penilaian autentik memiliki relevansi yang kuat terhadap pembelajaran pendekatan saintifik. Penelitian ini bermaksud untuk menerapkan penilaian autentik berdasarkan lintasan mengajar guru dan lintasan belajar peserta didik yaitu penilaian Authentic Assessment Based on Teaching and Learning Trajectory (AABTLT) with Student Activity Sheet (SAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur profil efektivitas proses pembelajaran alat-alat optik dengan menggunakan penilaian AABTLT with SAS, mengukur profil keterlaksanaan tahapan pendekatan saintifik model 5M dengan menggunakan penilaian AABTLT with SAS, mengukur profil kemampuan kognitif peserta didik selama dan pasca pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-Eksperimen dengan desain One Shoot Case study. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 2 yang beranggotakan 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase rata-rata profil efektivitas proses pembelajaran alat-alat optik sebesar 86% (sangat efektif), (2) persentase keterlaksanaan setiap tahapan pendekatan saintifik model 5M untuk tahap mengamati sebesar 91% (sangat efektif), tahap menanya sebesar 91% (sangat efektif), tahap mencoba sebesar 90% (sangat efektif), tahap mengasosiasi sebesar 84% (efektif) dan tahap mengkomunikasikan sebesar 76% (efektif), (3) persentase rata-rata nilai kemampuan kognitif peserta didik selama pembelajaran sebesar 86% dan pasca pembelajaran sebesar 59%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik; Penilaian Autentik; AABTLT with SAS; Alat-Alat Optik |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fauzia Siti Maulidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2018 07:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2018 07:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12539 |
Actions (login required)
View Item |