Faizin, Muhamad Abdullah (2018) Efektivitas penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum pada Dinas Perhubungan Kota Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
Abstract
Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum merupakan salah satu dari retribusi daerah yang menjadi sumber pendapatan asli daerah yang digunakan untuk pembangunan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum pada Dinas Perhubungan Kota Cirebon tahun 2015-2017, faktor-faktor penghambat dalam penerimaan retribusi parkir, serta upaya yang perlu dilakukan untuk menagani hambatan-hambatan dalam penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum pada Dinas Perhubungan Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Penelitian menggunakan teori efektivitas Menurut Saxena dikutip dalam Indrawijaya (2010: 176), bahwa Efektivitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kualitas, kuantitas, waktu) telah dicapai. Makin besar target yang dicapai, maka semakin tinggi tingkat efektivitas. Konsep ini orientasinya lebih tertuju kepada keluaran. Masalah penggunaan masukan tidak menjadi isu dalam konsep ini. Pada umumnya organisasi pemerintah (yang tidak mencari laba) berorientasi ke pencapaian efektivitas. Hasil analisis menunjukan bahwa penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum Kota Cirebon menunjukan tahun 2015 sangat efektif (118,55 % ), tahun 2016 kurang efektif (70,73 %) dan tahun 2017 kurang efektif (79,08 %). Setiap tahunnya retribusi parkir mengalami kenaikan tetapi pada tahun 2016 dan 2017 realisasi retribusi parkir belum dapat mencapai target yang telah ditentukan Pemerintah Kota Cirebon, hal ini disebabkan oleh faktor keterbatasan sumberdaya manusia (SDM) yang dimiliki Dinas Perhubungan dalam hal pengawasan, maraknya parkir liar dan petugas parkir ilegal, adanya sterilisasi jalan di beberapa titik lokasi parkir, rendahnya tingkat kepatuhan dan kesadaran pengguna jasa parkir dalam membayar parkir, dan gangguan alam/cuaca buruk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas; Penerimaan Retribusi Parkir; Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum; |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Muhamad Abdullah Faizin |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 04:22 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 04:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12540 |
Actions (login required)
View Item |