Strategi customer relations dalam pelayanan publik PT. Persib Bandung Bermartabat

Safawi, Yousran (2025) Strategi customer relations dalam pelayanan publik PT. Persib Bandung Bermartabat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skplagiarisme.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Customer Relations merupakan aktivitas penting perusahaan untuk membentuk aktivitas yang terjadi antara perusahaan dengan pelanggan. PT Persib Bandung Bermartabat, selaku pengelola klub besar Persib Bandung, menjadi salah satu contoh keberhasilan dalam bertransformasi menjadi perusahaan profesional dalam ranah sepak bola Indonesia. PT. Persib Bandung Bermartabat sangat penting melakukan kegiatan customer relations untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dalam waktu jangka panjang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Strategy Customer Relations yang dilakukan oleh PT. Persib Bandung Bermartabat melalui konsep Customer Relations Management yang dikemukakan oleh Johnson & Weistern. Konsep ini terdiri dari tiga elemen yaitu planning, people, dan process. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian ini diarahkan pada tahapan konsep Customer Relations Manegement diterapkan dalam pelaksanaan program Customer Relations. Hasil Penelitian menunjukkan Strategi Customer Relations Dalam Pelayanan Publik PT. Persib Bandung Bermartabat di identifikasi ke dalam konsep Customer Relation yang dikemukakan oleh Johnson & Weistern yaitu planning, people, dan process. Dengan mengedepankan metode komunikasi persuasif kepada pelanggan sehingga menjadi tolak ukur keberhasilan program customer relations. PT Persib Bandung Bermartabat melakukan kegiatan customer relations melalui (1) konsep planning berfokus pada observasi, pengumpulan data dan analsisi data. (2) konsep People berfokus pada Hubungan Internal, Pembinanaan dan pengawasan karyawan. (3) Konsep Process berfokus pada Sikap dalam melayani, kualitas pelayanan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Pelanggan; Pelayanan Publik. PT. Persib Bandung Bermartabat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Moch Yousran Safawi
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:59
Last Modified: 13 Nov 2025 07:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125467

Actions (login required)

View Item View Item