Safawi, Yousran (2025) Strategi customer relations dalam pelayanan publik PT. Persib Bandung Bermartabat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
3_skplagiarisme.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
||
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
|
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
|
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Customer Relations merupakan aktivitas penting perusahaan untuk membentuk aktivitas yang terjadi antara perusahaan dengan pelanggan. PT Persib Bandung Bermartabat, selaku pengelola klub besar Persib Bandung, menjadi salah satu contoh keberhasilan dalam bertransformasi menjadi perusahaan profesional dalam ranah sepak bola Indonesia. PT. Persib Bandung Bermartabat sangat penting melakukan kegiatan customer relations untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dalam waktu jangka panjang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Strategy Customer Relations yang dilakukan oleh PT. Persib Bandung Bermartabat melalui konsep Customer Relations Management yang dikemukakan oleh Johnson & Weistern. Konsep ini terdiri dari tiga elemen yaitu planning, people, dan process. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian ini diarahkan pada tahapan konsep Customer Relations Manegement diterapkan dalam pelaksanaan program Customer Relations. Hasil Penelitian menunjukkan Strategi Customer Relations Dalam Pelayanan Publik PT. Persib Bandung Bermartabat di identifikasi ke dalam konsep Customer Relation yang dikemukakan oleh Johnson & Weistern yaitu planning, people, dan process. Dengan mengedepankan metode komunikasi persuasif kepada pelanggan sehingga menjadi tolak ukur keberhasilan program customer relations. PT Persib Bandung Bermartabat melakukan kegiatan customer relations melalui (1) konsep planning berfokus pada observasi, pengumpulan data dan analsisi data. (2) konsep People berfokus pada Hubungan Internal, Pembinanaan dan pengawasan karyawan. (3) Konsep Process berfokus pada Sikap dalam melayani, kualitas pelayanan dan evaluasi.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hubungan Pelanggan; Pelayanan Publik. PT. Persib Bandung Bermartabat |
| Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
| Depositing User: | Moch Yousran Safawi |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:59 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:59 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



