Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbasis media timeline untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti: Studi kuasi eksperimen di kelas XI Analis Kimia SMKYPF Bandung

Khoerunnisa, Nadia (2025) Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbasis media timeline untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti: Studi kuasi eksperimen di kelas XI Analis Kimia SMKYPF Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
CamScanner 24-11-2025 14.49 (1).pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas XI Analis Kimia SMK YPF Bandung padahal guru sudah menggunakan model dan media pembelajaran. Hanya saja, hal tersebut masih kurang optimal sehingga menyebabkan pembelajaran tidak menarik dan cenderung membosankan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa dan menurunkan keinginan siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbasis media timeline di kelas XI Analis Kimia SMK YPF Bandung. 2) siswa setelah menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbasis media timeline di kelas XI Analis Kimia SMK YPF Bandung. 3) hasil penerapan model pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) berbasis media timeline di kelas XI Analis Kimia SMK YPF Bandung. Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang telah dikenal sejak lama yang pada saat itu guru membimbing siswa untuk bekerja sama dalam kegiatan-kegiatan tertentu seperti diskusi atau saling mengajarkan antar teman sebaya (Slavin, 2010). Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Acheivement Division (STAD) berbasis Media Timeline dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas XI Analis Kimia SMK YPF Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan lembar tes terhadap kegiatan siswa. Adapun Teknik analisis data diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) Berbasis Media Timeline terlaksana dengan baik. 2) Hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat dari nilai rata-rata 44,5 menjadi 69 setelah menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) Berbasis Media Timeline. 3) Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) Berbasis Media Timeline mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,4 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) Berbasis Media Timeline efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti, menciptakan kegiatan belajar yang lebih aktif, kolaboratif, dan menyenangkan, juga membawa pengaruh positif dan signifikan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting yang relevan dengan kebutuhan siswa di era digital, serta menjadi rujukan bagi guru dalam mengkolaborasikan model pembelajaran konvensional, modern, dan media pembelajaran secara efektif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Media Pembelajaran; Hasil Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Khoerunnisa
Date Deposited: 24 Nov 2025 06:37
Last Modified: 24 Nov 2025 07:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125701

Actions (login required)

View Item View Item