Pengembangan e-modul flipbook berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pemanasan global

Arisa, Riris (2025) Pengembangan e-modul flipbook berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
1_cover.pdf

Download (361kB)
[img] Text
2_abstrak.pdf

Download (304kB)
[img] Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4_daftarisi.pdf

Download (489kB)
[img] Text
5_bab1.pdf

Download (696kB)
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul flipbook berbasis REACT guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, lembar observasi, serta soal pretest-posttest. Hasil validasi e-modul flipbook menunjukkan kelayakan sangat tinggi, dengan persentase penilaian ahli media sebesar 81% dan koefisien Gregory 0,92, serta persentase penilaian ahli materi sebesar 92% dengan koefisien Gregory 1,00. Implementasi e-modul di kelas X-C SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sangat baik, dengan aktivitas guru mencapai 96% dan aktivitas peserta didik 91%. Analisis hasil belajar menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik, dengan rata-rata skor pretest 39 meningkat menjadi 89 pada posttest dan nilai N-Gain 0,82 (kategori tinggi). Sebanyak 86% peserta didik berada pada kategori tinggi dan 14% pada kategori sedang, tanpa peserta didik pada kategori rendah. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), menegaskan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, e-modul flipbook berbasis REACT terbukti valid, layak, dan efektif sebagai media pembelajaran fisika yang interaktif, kontekstual, serta mampu mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ADDIE; Berpikir Kritis; E-modul; Flipbook; REACT
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Natural Science
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: riris arisa
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:27
Last Modified: 10 Dec 2025 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126481

Actions (login required)

View Item View Item