Arisa, Riris (2025) Pengembangan e-modul flipbook berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (361kB) |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (304kB) |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (353kB) |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (489kB) |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (696kB) |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) | Request a copy |
|
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul flipbook berbasis REACT guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, lembar observasi, serta soal pretest-posttest. Hasil validasi e-modul flipbook menunjukkan kelayakan sangat tinggi, dengan persentase penilaian ahli media sebesar 81% dan koefisien Gregory 0,92, serta persentase penilaian ahli materi sebesar 92% dengan koefisien Gregory 1,00. Implementasi e-modul di kelas X-C SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sangat baik, dengan aktivitas guru mencapai 96% dan aktivitas peserta didik 91%. Analisis hasil belajar menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik, dengan rata-rata skor pretest 39 meningkat menjadi 89 pada posttest dan nilai N-Gain 0,82 (kategori tinggi). Sebanyak 86% peserta didik berada pada kategori tinggi dan 14% pada kategori sedang, tanpa peserta didik pada kategori rendah. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), menegaskan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, e-modul flipbook berbasis REACT terbukti valid, layak, dan efektif sebagai media pembelajaran fisika yang interaktif, kontekstual, serta mampu mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | ADDIE; Berpikir Kritis; E-modul; Flipbook; REACT |
| Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Natural Science Education, Research |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | riris arisa |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:27 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:27 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



