Amelia, Nita (2025) Penerapan pendekatan STEM-ESD pada topik pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Download (122kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (190kB) |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA ILMIAH)
LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf Download (217kB) |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (269kB) |
|
|
Text (BAB I)
bab1.pdf Download (378kB) |
|
|
Text (BAB II)
Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan STEM-ESD dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group. Kelas eksperimen menerapkan pendekatan STEM-ESD, sedangkan kelas kontrol menerapkan pendekatan saintifik. Penelitian dilakukan disalah satu SMA Negeri Kabupaten Bandung, dengan sampel di kelas X-8 yang berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 yang berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen Authentic Assesment Based on Teaching and Learning Tarjectory with Student Activity Sheet (AABTLT with SAS) dan tes keterampilan argumentasi berdasarkan enam indikator menurut Toulmin. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran di kelas eksperimen mencapai rata-rata 84% termasuk kategori efektif, sementara kelas kontrol memperoleh rata-rata 81% termasuk kategori efektif. Peningkatan keterampilan argumentasi dilihat dari N-Gain, yang menunjukan nilai sebesar 0,75 pada kelas eksperimen termasuk kategori tinggi dan 0,70 pada kelas kontrol termasuk kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan independent sample t- test menghasilkan nilai signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam keterampilan argumentasi peserta didik anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, pendekatan STEM-ESD terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendekatan STEM-ESD; Keterampilan Argumentasi; Pemanasan Global |
| Subjects: | Education > Statistic of Education Education > Research and Statistical Methods Physics > Data Processing and Analysis of Physics Physics > Theories and Mathematical Physics Applied Physics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Amelia Nita |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:54 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:54 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



