Penerapan pendekatan STEM-ESD pada topik pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik

Amelia, Nita (2025) Penerapan pendekatan STEM-ESD pada topik pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (122kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA ILMIAH)
LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB I)
bab1.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB II)
Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan STEM-ESD dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group. Kelas eksperimen menerapkan pendekatan STEM-ESD, sedangkan kelas kontrol menerapkan pendekatan saintifik. Penelitian dilakukan disalah satu SMA Negeri Kabupaten Bandung, dengan sampel di kelas X-8 yang berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 yang berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen Authentic Assesment Based on Teaching and Learning Tarjectory with Student Activity Sheet (AABTLT with SAS) dan tes keterampilan argumentasi berdasarkan enam indikator menurut Toulmin. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran di kelas eksperimen mencapai rata-rata 84% termasuk kategori efektif, sementara kelas kontrol memperoleh rata-rata 81% termasuk kategori efektif. Peningkatan keterampilan argumentasi dilihat dari N-Gain, yang menunjukan nilai sebesar 0,75 pada kelas eksperimen termasuk kategori tinggi dan 0,70 pada kelas kontrol termasuk kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan independent sample t- test menghasilkan nilai signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam keterampilan argumentasi peserta didik anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, pendekatan STEM-ESD terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan STEM-ESD; Keterampilan Argumentasi; Pemanasan Global
Subjects: Education > Statistic of Education
Education > Research and Statistical Methods
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Theories and Mathematical Physics
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Amelia Nita
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:54
Last Modified: 10 Dec 2025 06:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126501

Actions (login required)

View Item View Item