Munzia, Diaz (2025) Pendekatan heutagogy (Self-Determined Learning) dengan berbantuan desmos untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
SK CEK PLAGIARISME (1).pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN (5).pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy merupakan aspek penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika, namun kenyataan di lapangan serta hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kedua aspek tersebut masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning) berbantuan Desmos lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvesional, dan Self efficacy peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning) berbantuan desmos. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X pada salah satu sekolah di Kabupaten Garut tahun ajaran 2024/2025 sebanyak sembilan kelas. Sampel penelitian adalah dua kelas yang dipilih melalui metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang memiliki validitas dan realibilitas tinggi, lembar observasi aktivitas pendidik dan peserta didik, serta angket self efficacy yang telah divalidasi oleh para ahli. Data dianalisis menggunakan uji-T dan uji statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu: keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dikategorikan sangat baik, peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning) berbantuan desmos lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvesional, dan Self efficacy peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning) berbantuan desmos menunjukkan kategori respon positif. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning) berbantuan desmos efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan berpotensi menjadi alternatif strategi pembelajaran dalam mata pelajaran matematika.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Desmos; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning); Self Efficacy |
| Subjects: | Education Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Diaz Munzia |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:34 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:30 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



