Pendekatan heutagogy (Self-Determined Learning) dengan berbantuan desmos untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy peserta didik

Munzia, Diaz (2025) Pendekatan heutagogy (Self-Determined Learning) dengan berbantuan desmos untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
SK CEK PLAGIARISME (1).pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy merupakan aspek penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika, namun kenyataan di lapangan serta hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kedua aspek tersebut masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning) berbantuan Desmos lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvesional, dan Self efficacy peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning) berbantuan desmos. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X pada salah satu sekolah di Kabupaten Garut tahun ajaran 2024/2025 sebanyak sembilan kelas. Sampel penelitian adalah dua kelas yang dipilih melalui metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang memiliki validitas dan realibilitas tinggi, lembar observasi aktivitas pendidik dan peserta didik, serta angket self efficacy yang telah divalidasi oleh para ahli. Data dianalisis menggunakan uji-T dan uji statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu: keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dikategorikan sangat baik, peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning) berbantuan desmos lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvesional, dan Self efficacy peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning) berbantuan desmos menunjukkan kategori respon positif. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning) berbantuan desmos efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan berpotensi menjadi alternatif strategi pembelajaran dalam mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Desmos; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pendekatan Heutagogy (Self-Determined Learning); Self Efficacy
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Diaz Munzia
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:34
Last Modified: 15 Dec 2025 03:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126582

Actions (login required)

View Item View Item