Salma, Zahrofa Fidiani (2025) Pengembangan e-module berbasis discovery learning berbantuan aplikasi Book Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak melingkar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (943kB) |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pelajaran fisika disebabkan oleh metode pembelajaran yang terfokus padaguru, penerapan media ajar yang tidak interaktif, dan kurangnya pengembangan keterampilan peserta didik. Penelian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan e-module berbasis discovery learning berbantuan aplikasi book creator,keterlaksanaan pembelajaran dengan e-module berbasis discovery learning berbantuan aplikasi book creator, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan e-moduleberbasis discovery learning berbantuan aplikasi book creator.Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan pendekatan kuantitatif, serta mengadopsi model ADDIE. Populasi penelitian terdiri daripeserta didik kelas XI SMAN 2 Cibarusah dengan sampel 29 peserta didik kelasXI-A SMAN 2 Cibarusah. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembarvalidasi ahli, lembar observer, dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan melalui uji validasimelalui uji gregory, analisis observasi, perhitungan N-Gain, serta uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan e-module dengan nilai validasi sebesar 0,93,keterlaksanaan pembelajaran terkategori terlaksana dengan nilai rata-rata 79,3%untuk guru dan 79,6% untuk peserta didik dengan kategori terlaksana.Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik sedang dengan N-Gain0,66 dan hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,000). Sehingga Ha diterima yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan e-module berbasis discovery learning berbantuan aplikasi book creator.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | book creator; discovery learning; e-module; gerak melingkar; keterampilan berpikir kritis; pembelajaran fisika |
| Subjects: | Modern Physics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Zahrofa Fidiani Salma |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:18 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:18 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



