Pengembangan e-module berbasis discovery learning berbantuan aplikasi Book Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak melingkar

Salma, Zahrofa Fidiani (2025) Pengembangan e-module berbasis discovery learning berbantuan aplikasi Book Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak melingkar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pelajaran fisika disebabkan oleh metode pembelajaran yang terfokus padaguru, penerapan media ajar yang tidak interaktif, dan kurangnya pengembangan keterampilan peserta didik. Penelian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan e-module berbasis discovery learning berbantuan aplikasi book creator,keterlaksanaan pembelajaran dengan e-module berbasis discovery learning berbantuan aplikasi book creator, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan e-moduleberbasis discovery learning berbantuan aplikasi book creator.Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan pendekatan kuantitatif, serta mengadopsi model ADDIE. Populasi penelitian terdiri daripeserta didik kelas XI SMAN 2 Cibarusah dengan sampel 29 peserta didik kelasXI-A SMAN 2 Cibarusah. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembarvalidasi ahli, lembar observer, dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan melalui uji validasimelalui uji gregory, analisis observasi, perhitungan N-Gain, serta uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan e-module dengan nilai validasi sebesar 0,93,keterlaksanaan pembelajaran terkategori terlaksana dengan nilai rata-rata 79,3%untuk guru dan 79,6% untuk peserta didik dengan kategori terlaksana.Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik sedang dengan N-Gain0,66 dan hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,000). Sehingga Ha diterima yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan e-module berbasis discovery learning berbantuan aplikasi book creator.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: book creator; discovery learning; e-module; gerak melingkar; keterampilan berpikir kritis; pembelajaran fisika
Subjects: Modern Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Zahrofa Fidiani Salma
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:18
Last Modified: 15 Dec 2025 02:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126595

Actions (login required)

View Item View Item