Suryani, Irma (2025) Penerapan metode pembelajaran SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Time-Bound) berbantuan classpoint untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab I.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
||
|
Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Time-Bound) berbantuan Classpoint dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Cileunyi dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VII-K sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode SMART berbantuan Classpoint dan kelas VII-H sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi guru dan siswa, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, serta angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa menggunakan metode SMART berbantuan Classpoint berada pada kategori sangat baik; 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol; dan 3) sikap siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode SMART berbantuan Classpoint tergolong positif. Dengan demikian, metode SMART berbantuan Classpoint efektif dalam menciptakan pembelajaran matematika yang interaktif dan terukur.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Classpoint; Metode SMART; Pembelajaran Matematika; Pemahaman Konsep Matematis |
| Subjects: | Education Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Irma Suryani |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:39 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:39 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



