Pengembangan E-LKPD interaktif melalui pendekatan etnomatematika monumen rawagede dan tugu kebulatan tekad karawang untuk meningkatkan minat siswa pada materi bangun ruang

Nurbaiti, Kirani Dwi (2025) Pengembangan E-LKPD interaktif melalui pendekatan etnomatematika monumen rawagede dan tugu kebulatan tekad karawang untuk meningkatkan minat siswa pada materi bangun ruang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, perkembangan media pembelajaran interaktif kini menjadi perhatian utama dalam mendukung pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, efektivitas, dan minat belajar peserta didik sesudah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) melalui pendekatan etnomatematika Monumen Rawagede dan Tugu Kebulatan Tekad Karawang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Implementasi dilakukan pada peserta didik kelas IX di salah satu SMP Negeri di Karawang. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi ahli, lembar praktikalitas peserta didik, lembar pretest, dan lembar angket minat belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil uji validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan kriteria “ sangat valid”, (2) hasil uji praktikalitas pada skala kecil dan skala besar menunjukkan bahwa e-LKPD “sangat praktis” digunakan dalam pembelajaran, (3) hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa e-LKPD “sangat efektif” dalam meningkatkan hasil belajar, dan (4) hasil uji minat belajar menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respons positif terhadap penggunaan e-LKPD dalam pembelajaran. Dengan demikian, e-LKPD interaktif melalui pendekatan etnomatematika ini layak digunakan dalam pembelajaran di kelas dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD; Etnomatematika; Minat Belajar; Bangun Ruang
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Kirani Dwi Nurbaiti
Date Deposited: 12 Dec 2025 08:12
Last Modified: 12 Dec 2025 08:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126640

Actions (login required)

View Item View Item