Musyarofah, Melia Amanda (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis pendekatan etnomatematika wisata religi makam Syekh Abdul Muhyi Pamijahan Tasikmalaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis pendekatan etnomatematika wisata religi makam Syekh Abdul Muhyi Pamijahan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di MTsN 9 Tasikmalaya. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi lima tahap utama, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas dan praktikalitas yang tinggi, dengan rata-rata skor validitas dari ahli media dan ahli materi masing-masing yang tergolong dalam kategori “Sangat Valid”. Uji efektifitas menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis pendekatan etnomatematika efektif meningkatkan pemahaman konsep matematis. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan E-LKPD, dengan rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest, serta peningkatan persentase ketuntasan belajar secara signifikan. Selain itu, hasil angket kepraktisan peserta didik menunjukkan bahwa E-LKPD memperoleh skor praktikalitas pada skala kecil dan skala besar, yang termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian, E-LKPD berbasis pendekatan etnomatematika terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | E-LKPD; Etnomatematika; Pemahaman Konsep; Matematika |
| Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | 1212050101_Melia M |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:16 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 08:16 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



