Pengembangan E-LKPD berbasis pendekatan etnomatematika wisata religi makam Syekh Abdul Muhyi Pamijahan Tasikmalaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik

Musyarofah, Melia Amanda (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis pendekatan etnomatematika wisata religi makam Syekh Abdul Muhyi Pamijahan Tasikmalaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis pendekatan etnomatematika wisata religi makam Syekh Abdul Muhyi Pamijahan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di MTsN 9 Tasikmalaya. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi lima tahap utama, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas dan praktikalitas yang tinggi, dengan rata-rata skor validitas dari ahli media dan ahli materi masing-masing yang tergolong dalam kategori “Sangat Valid”. Uji efektifitas menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis pendekatan etnomatematika efektif meningkatkan pemahaman konsep matematis. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan E-LKPD, dengan rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest, serta peningkatan persentase ketuntasan belajar secara signifikan. Selain itu, hasil angket kepraktisan peserta didik menunjukkan bahwa E-LKPD memperoleh skor praktikalitas pada skala kecil dan skala besar, yang termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian, E-LKPD berbasis pendekatan etnomatematika terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; Etnomatematika; Pemahaman Konsep; Matematika
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: 1212050101_Melia M
Date Deposited: 12 Dec 2025 08:16
Last Modified: 12 Dec 2025 08:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126642

Actions (login required)

View Item View Item