Penerapan model pembelajaran Superitem berbantuan flexbooks CK-12 untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis

Rivaldi, Moch Rapi (2025) Penerapan model pembelajaran Superitem berbantuan flexbooks CK-12 untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_plagiarisme.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap peserta didik dalam memahami mata pelajaran matematika. Namun, peneliti seringkali melihat beberapa peserta didik yang kemampuan pemecahn masalah matematis nya perlu ditingkatkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII G dan B Mts Al Mukhtariyah Mande. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Superitem berbantuan Flexbooks CK-12 dilaksanakan dengan sangat baik. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Superitem berbantuan Flexbooks CK-12 lebih baik dibanding peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Superitem berbantuan Flexbooks CK-12 lebih baik dibanding peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dan respons peserta didik terhadap model pembelajaran Superitem berbantuan Flexbooks CK-12 positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis; model pembelajaran Superitem berbantuan Flexbooks CK-12; Respons
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Moch Rapi Rivaldi
Date Deposited: 15 Dec 2025 04:07
Last Modified: 15 Dec 2025 04:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126649

Actions (login required)

View Item View Item