Muslim, Hilmi Lutfiyah (2025) Penerapan metode drill berbantu media teka- teki silang untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
surat pernyataa karya sendiri (1).pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
|
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
|
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_dapus.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran penelitian (5).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) pada peserta didik kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung menunjukkan rendahnya hasil belajar, yang terlihat dari banyaknya peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini diduga dipengaruhi oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga menurunkan motivasi dan keterlibatan aktif peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman konsep secara efektif, interaktif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode drill berbantu media teka-teki silang dalam pembelajaran PAIBP serta menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode tersebut pada kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian melibatkan dua kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode drill berbantu media teka-teki silang dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar peserta didik, kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill berbantu media teka-teki silang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain menunjukkan kategori peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang hingga tinggi, sedangkan kelas kontrol cenderung berada pada kategori rendah. Dengan demikian, penerapan metode ini tidak hanya membantu peserta didik memahami materi secara lebih mendalam melalui latihan berulang, tetapi juga meningkatkan motivasi belajar karena dikemas dalam bentuk yang menarik dan menyenangkan. Metode drill berbantu media teka-teki silang juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAIBP, terlihat dari pelaksanaan pembelajaran yang berjalan baik mulai dari perencanaan, penggunaan media yang menarik, hingga evaluasi yang menunjukkan peningkatan aktivitas dan capaian belajar. Metode ini dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan aplikatif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAIBP di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Drill; Teka-teki Silang; Hasil Belajar; Rukhsah; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
| Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hilmi Lutfiyah Muslim |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:56 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:49 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



