Penerapan metode drill berbantu media teka- teki silang untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung

Muslim, Hilmi Lutfiyah (2025) Penerapan metode drill berbantu media teka- teki silang untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
surat pernyataa karya sendiri (1).pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran penelitian (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) pada peserta didik kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung menunjukkan rendahnya hasil belajar, yang terlihat dari banyaknya peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini diduga dipengaruhi oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga menurunkan motivasi dan keterlibatan aktif peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman konsep secara efektif, interaktif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode drill berbantu media teka-teki silang dalam pembelajaran PAIBP serta menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode tersebut pada kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian melibatkan dua kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode drill berbantu media teka-teki silang dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar peserta didik, kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill berbantu media teka-teki silang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain menunjukkan kategori peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang hingga tinggi, sedangkan kelas kontrol cenderung berada pada kategori rendah. Dengan demikian, penerapan metode ini tidak hanya membantu peserta didik memahami materi secara lebih mendalam melalui latihan berulang, tetapi juga meningkatkan motivasi belajar karena dikemas dalam bentuk yang menarik dan menyenangkan. Metode drill berbantu media teka-teki silang juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAIBP, terlihat dari pelaksanaan pembelajaran yang berjalan baik mulai dari perencanaan, penggunaan media yang menarik, hingga evaluasi yang menunjukkan peningkatan aktivitas dan capaian belajar. Metode ini dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan aplikatif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAIBP di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill; Teka-teki Silang; Hasil Belajar; Rukhsah; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hilmi Lutfiyah Muslim
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:56
Last Modified: 15 Dec 2025 03:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126707

Actions (login required)

View Item View Item