Irfan, Muhammad (2025) Pengajaran nahwu dengan menggunakan media peta pikiran elektronik dalam kitab Al Arabiyyah Baina Yadaik buku kedua bagian kedua di MTs Minhajul Haq Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (SK PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran nahwu di MTs Minhajul Haq Purwakarta menunjukkan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran kosakata, fonetik, ungkapan, pemahaman bacaan, maupun keterampilan berbahasa lainnya. Hal tersebut terlihat dari ketergantungan siswa pada bimbingan guru dalam memahami materi, serta persepsi banyak siswa bahwa nahwu merupakan materi yang sulit dipahami dan diterapkan. Penelitian ini bertujuan merancang model pengajaran nahwu dengan memanfaatkan media peta pikiran elektronik pada buku al-‘Arabiyyah Baina Yadaik (Buku Kedua, Jilid Kedua). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-analitis dengan tahapan pengumpulan kaidah nahwu dalam buku, menganalisisnya, kemudian menyusunnya kembali dalam bentuk materi ajar berbasis peta pikiran elektronik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, post-test, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran nahwu konvensional cenderung membuat siswa mengalami kesulitan, merasa bosan, dan kurang berpartisipasi aktif. Setelah penerapan peta pikiran elektronik, kemampuan siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Siswa menyatakan bahwa media tersebut membantu mereka memahami nahwu secara lebih mudah dan sistematis, sementara guru menilai bahwa penggunaannya menjadikan pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa peta pikiran elektronik merupakan media yang efektif dan inovatif dalam pengajaran nahwu pada tingkat pendidikan menengah. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan bahan ajar berbasis peta pikiran serta penerapan lebih luas pada pembelajaran nahwu, mengingat kontribusinya yang positif terhadap peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | التدريس؛ النحو؛ الخرائط الذهنية الالكترونية؛ |
| Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Irfan Muhammad |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 06:53 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 06:53 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



