Oktavia, Adhira Mega (2025) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui strategi Teaching and Learning Trajectory untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gejala pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
3_lembarpernyataankeaslianilmiah.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
||
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
||
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
||
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dengan strategi Teaching and Learning Trajectory pada materi gejala pemanasan global dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen (pre-experiment) dengan desain penelitian one group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian yaitu kelas XI IPA berjumlah 29 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dengan strategi Teaching and Learning Trajectory berlangsung baik dengan persentase rata-rata capaian pembelajaran sebesar 78,67% dan terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan nilai N-Gain sebesar 0,435 pada kategori sedang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 6,969 dan nilai t_tabel sebesar 2,048 (thitung>ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan pada peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dengan strategi Teaching and Learning Trajectory.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning; Teaching and Learning Trajectory; keterampilan berpikir kritis; gejala pemanasan global |
| Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Physics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Adhira Mega Oktavia |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:08 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 02:08 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



