Penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui strategi Teaching and Learning Trajectory untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gejala pemanasan global

Oktavia, Adhira Mega (2025) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui strategi Teaching and Learning Trajectory untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gejala pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_lembarpernyataankeaslianilmiah.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dengan strategi Teaching and Learning Trajectory pada materi gejala pemanasan global dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen (pre-experiment) dengan desain penelitian one group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian yaitu kelas XI IPA berjumlah 29 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dengan strategi Teaching and Learning Trajectory berlangsung baik dengan persentase rata-rata capaian pembelajaran sebesar 78,67% dan terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan nilai N-Gain sebesar 0,435 pada kategori sedang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 6,969 dan nilai t_tabel sebesar 2,048 (thitung>ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan pada peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dengan strategi Teaching and Learning Trajectory.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning; Teaching and Learning Trajectory; keterampilan berpikir kritis; gejala pemanasan global
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Adhira Mega Oktavia
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:08
Last Modified: 18 Dec 2025 02:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126803

Actions (login required)

View Item View Item