Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik berbasis nilai-nilai Al-Qur'an: Penelitian studi kasus di SMA Pasundan 2 Bandung

Reza, Rasyad (2024) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik berbasis nilai-nilai Al-Qur'an: Penelitian studi kasus di SMA Pasundan 2 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
scannn (1).pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Al-Qur’an memiliki peran penting dalam menjawab tantangan degradasi moral peserta didik di sekolah menengah. Pendidikan Agama Islam (PAI) berfungsi strategis tidak hanya sebagai sarana transfer pengetahuan keagamaan, tetapi juga sebagai media internalisasi nilai-nilai Qur’ani dalam kehidupan peserta didik. SMA Pasundan 2 Bandung sebagai sekolah umum berupaya membentuk karakter peserta didik berbasis nilai-nilai Al-Qur’an melalui peran guru PAI. Namun, efektivitas peran tersebut, materi yang digunakan, implementasi, serta evaluasi pembentukan karakter perlu dikaji secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik berbasis nilai-nilai Al-Qur’an; (2) materi pembelajaran yang digunakan; (3) implementasi pembentukan karakter; (4) faktor pendukung dan penghambat; serta (5) evaluasi guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Pasundan 2 Bandung. Penelitian ini didasarkan pada internalisasi nilai-nilai Al-Qur’an, seperti kejujuran, amanah, tanggung jawab, adab, tawassuth, kepedulian sosial, ibadah, dan akhlak mulia melalui peran guru PAI sebagai murobbi, mu’allim, uswah hasanah, mursyid, dan motivator. Proses internalisasi dilakukan melalui pembelajaran, keteladanan, pembiasaan keagamaan, serta budaya sekolah yang religius untuk menghasilkan karakter Qur’ani pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMA Pasundan 2 Bandung telah menjalankan perannya secara cukup efektif dalam membentuk karakter peserta didik berbasis nilai-nilai Al-Qur’an. Materi dan implementasi pembelajaran mendukung internalisasi nilai Qur’ani, meskipun masih ditemukan beberapa hambatan, seperti keterbatasan waktu dan pengaruh lingkungan luar sekolah. Evaluasi pembentukan karakter dilakukan secara berkelanjutan melalui pengamatan sikap dan perilaku peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI; Pembentukan Karakter; Nilai-nilai Al-Qur’an; Pendidikan Karakter
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah SWT (Alloh SWT)
Adult Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: REZA FAUZI RASYAD
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:54
Last Modified: 18 Dec 2025 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126809

Actions (login required)

View Item View Item