Zakiah, Ai Rohmatul (2025) Model pembelajaran bahasa Arab di media sosial. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
3_Keterangan Bebas Plasgiarisme.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab I.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena bahwa media sosial tidak lagi terbatas sebagai sarana hiburan saja, tetapi juga digunakan sebagai sarana alternatif untuk belajar bahasa asing, termasuk bahasa Arab. Media sosial kini telah melampaui peran awalnya sebagai sarana hiburan semata; ia berkembang menjadi ruang belajar yang fleksibel, mudah diakses, dan terbuka bagi siapa saja. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari model-model pengajaran bahasa Arab yang berkembang di media sosial, khususnya melalui platform Instagram dan TikTok. Kerangka berpikir dalam penelitian ini berangkat dari Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur sistematis untuk menciptakan kondisi belajar tertentu. Menurut Joyce dan Weil (2009), model pembelajaran adalah pola atau rencana yang digunakan guru sebagai pedoman dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajar, termasuk di dalamnya tujuan, materi, strategi, media, dan evaluasi. Model ini berfungsi sebagai landasan teoritis untuk mengembangkan metode dan strategi yang efektif sesuai karakteristik peserta didik dan konteks pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten terhadap sekelompok akun pendidikan yang aktif di kedua platform tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bahasa Arab di media sosial memiliki karakteristik microlearning, pembelajaran kontekstual, dan strategi penyajian berbasis multimedia. Aktivitas pendidikan yang ditampilkan umumnya singkat, berfokus pada satu tujuan, dan memanfaatkan integrasi teks, suara, dan gambar. Interaksi antara pembuat konten dan pengikut dilakukan melalui komentar, fitur interaktif, dan tanggapan guru dalam bentuk video atau teks tambahan, yang membentuk pola pembelajaran partisipatif. Dari segi konten, sebagian besar akun berfokus pada pengajaran kosakata, ungkapan sehari-hari, tata bahasa dan morfologi, serta keterampilan percakapan kepada para pelajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial dapat dianggap sebagai ruang pendidikan informal yang memiliki potensi besar dalam pengembangan pengajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru, peneliti, dan produsen konten digital dalam merancang strategi pengajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan karakteristik generasi digital.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Arabic; Learning Model; Social Media |
| Subjects: | Arabic Use of Other Information Media > Reading and Use of Other Information Media by Young People Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
| Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | ai rohmatul muhammad |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 02:33 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 02:33 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



