Sofi, Diana (2025) Desain asesmen dalam pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan menyimak dan berbicara berbasis Kurikulum merdeka: Penelitian pada siswa kelas VIII Mts Salafiyah Al-Falah Bojongsoang Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
1_C0ver.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_Abstrak.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (Keterangan Bebas Plagiarisme)
3_Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
4_Daftar Isi.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
5_Bab I.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
6_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) | Request a copy |
||
|
Text (Bab III)
7_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
||
|
Text (Bab IV)
8_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
Text (Bab V)
9_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
||
|
Text (Lampiran)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
MTs Salafiyah Al-Falah merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka, berdasarkan hasil observasi dan wawancara, Guru Bahasa Arab Kelas VIII MTs Salafiyah Al-Falah dalam membuat asesmen Bahasa Arab pada keterampilan menyimak dan berbicara hanya sebatas tes tluis saja yang tentunya betolak belakang dengan tuntunan kurikulum merdeka yang menekankan pada pelaksanaan asesmen awal, formatif dan sumatif, hal ini menjadi menarik untuk diteliti terkait bagaimana desain asesmen awal, formatif dan sumatif berbasis kurikulum merdeka Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain asesmen awal, formatif dan sumatif dalam pembelajaran Bahasa Arab pada keterampilan menyimak dan berbicara berbasis kurikulum merdeka di kelas VIII Mts Salafiyah Al-Falah. Tujuan ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang komprehensif dalam merancang asesmen keterampilan menyimak dan berbicara berbasis kurikulum Merdeka yang dapat diterapkan di jenjang MTs. Kerangka Berpikir penelitian ini didasari oleh teori Bachman dan Palmer tentang prinsip pembuatan asesmen Bahasa, selain itu teori douglas Brown tentang kategori dan tingkatan dalam merancang desain asesmen Bahasa, dalam merancang asesmen Bahasa, douglas mengkategorikan keterampilan menyimak pada tipe selektif, dan keterampilan berbicara pada tipe interaktif dan hal tersebut selaras dengan tuntutan kurikulum merdeka yaitu pelaksanaan asesmen awal, formatif, dan sumatif jenjang MTs pada fase D. sehingga dalam pembuatan asesmen di sekolah dapat diintegrasikan antara teori dan tuntutan kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) model Sugiyono level 1, penelitian dan pengembangan pada level tersebut mencakup empat tahap, diantaranya; potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan data, desain produk, dan yang terakhir validasi ahli. Data penelitian diperoleh melalui Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan triangulasi data. Proses analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melibatkan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, pada tahap desain produk, data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian atau validasi oleh ahli menggunakan instrument berupa angket menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan : 1) desain asesmen awal pada keterampilan menyimak (selektif) terbagi ke dalam asesmen kognitif dan non kognitif, bentuk instrument asesmen kognitif berupa pilihan ganda, menjodohkan kata yang didengar. Sedangkan asesmen non kognitif berupa observasi dan pengisian angket. Desain asesmen awal pada keterampilan berbicara (intekatif) menggunakan Teknik tes kinerja dan penilaian kinerja. 2) desain asesmen formatif pada keterampilan menyimak menggunakan Teknik tes kinerja dan observasi instrumennya berupa pilihan ganda, soal benar/salah dan lembar observasi menyimak. Desain asesmen formatif menggunakan Teknik tes kinerja, penilaian kinerja dan penilaian diri. 3) desain asesmen sumatif pada keterampilan menyimak menggunakan Teknik tes tulis dan observasi. Desain asesmen sumatif pada keterampilan berbicara menggunakan Teknik tes lisan, penilaian kinerja, dan berbasis projek. hasil validasi ahli terkait desain produk mendapatkan nilai 90 % dengan kategori laya dengan revisi kecil
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Desain Asesmen: Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Kurikulum Merdeka |
| Subjects: | Arabic Curricula > Curriculum Development |
| Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Diana Sofi |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 02:45 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 02:45 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



