Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab: Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas III MI Nurul Huda Kota Bandung

Rosmayanti, Rin-rin (2018) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab: Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas III MI Nurul Huda Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas III MI Nurul Huda Kota Bandung, pada mata pelajaran Bahasa Arab guru selalu menggunakan metode konvensional dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga pembelajaran bersifat monoton dan membosankan. Hal ini menjadikan siswa memiliki hasil belajar yang rendah, yaitu di bawah standar nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 65. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab materi kosa kata (mufradat) di kelas III MI Nurul Huda Kota Bandung sebelum menggunakan model cooperative learning tipe tebak kata, (2) penerapan model cooperative learning tipe tebak kata pada mata pelajaran Bahasa Arab materi kosa kata (mufradat) di kelas III MI Nurul Huda Kota Bandung, (3) hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab materi kosa kata (mufradat) di kelas III MI Nurul Huda Kota Bandung sesudah menggunakan model cooperative learning tipe tebak kata. Penelitian ini berdasarkan kerangka pemikiran bahwa model pembelajaran penting digunakan oleh guru, salah satunya model cooperative learning. Model cooperative learning merupakan model pembelajaran yang dikembangkan untuk mencapai hasil belajar siswa. Salah satu model cooperative learning yaitu Tebak Kata yang merupakan salah satu metode yang menyenangkan sehingga siswa aktif dikelas dan dapat memahami materi yang dipelajari serta dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu pra siklus, siklus I terdiri dari 2 tindakan dan siklus II terdiri dari 2 tindakan. Objek penelitian adalah 22 orang siswa-siswa kelas III MI Nurul Huda Kota Bandung. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, dan tes tertulis yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus mendapat nilai rata-rata 54,09 dengan persentase ketuntasan belajar 27% dengan kriteria tidak tuntas. (2) penerapan model cooperative learning tipe tebak kata pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 72% dengan kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas siswa sebesar 67% dengan kriteria baik. Aktivitas guru pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 94% dengan kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas siswa sebesar 92% dengan kriteria sangat baik, (3) hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan model cooperative learning tipe tebak kata pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dengan persentase 86% atau jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 orang. Siklus II diperoleh nilai rata-rata 87,7 dengan persentase 95% atau jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 orang siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Hasil Belajar; Kognitif
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Rin-Rin Rosmayanti
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:37
Last Modified: 07 Sep 2018 08:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13116

Actions (login required)

View Item View Item