Penerapan algoritma FAST pada aplikasi iklan digital berbasis teknologi augmented reality

Fajar, Febriyan (2013) Penerapan algoritma FAST pada aplikasi iklan digital berbasis teknologi augmented reality. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
=1_COVER.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Perkembangan dunia teknologi saat ini semakin cepat. Begitu juga dengan perkembangan teknologi pada bidang multimedia, salah satu teknologi yang terbaru yaitu teknologi Augmented Reality (AR). AR adalah konsep pelapisan konten visual (i.e. grafik) di atas pemandangan dunia nyata seperti yang terlihat melalui sebuah kamera. Dalam aplikasi AR dibutuhkan suatu marker yang berfungsi sebagai penanda dimana gambar virtual akan ditampilkan. Salah satu penerapan teknologi Augmented Reality dalam kehidupan nyata yaitu sebagai media periklanan digital. Iklan merupakan media promosi benda ataupun jasa, salah satunya mencakup bidang periklanan atau media promosi ponsel. Saat ini vendor masih menggunakan media seperti reklame atau brosur dalam penyampaian informasi produknya dan menggunakan barang display sebagai contoh produk. Hal ini akan menambah biaya pemasaran, dan membebani vendor. Dari pihak konsumen, cara seperti ini dinilai kurang informatif dan interaktif, konsumen hanya dapat melihat sebuah gambar dari secarik kertas. Hal negatif seperti ini akan menimbulkan kerugian bagi kedua belah pihak. Dengan implementasi teknologi AR di bidang ini, maka akan menarik minat pembeli terhadap suatu jenis produk yang ditawarkan. Adapun konsep dari aplikasi ini adalah merupakan aplikasi iklan digital berbasis mobile dengan menampilkan model 3D smartphone di atas brosur. Cara kerja aplikasi ini yaitu dengan langsung mengarahkan kamera smartphone ke arah brosur yang telah ditentukan sebelumnya. Penerapan algoritma FAST pada sistem ini akan mempercepat kinerja sistem dalam mendeteksi brosur. Model 3D disajikan secara langsung, sehingga akan memberikan fitur yang lebih interaktif kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: algoritma FAST; Augmented Reality
Subjects: Applied Physics > Computer Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 03 Sep 2018 03:29
Last Modified: 03 Sep 2018 03:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13157

Actions (login required)

View Item View Item