Ayu, Gina Sekar (2018) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jasa pemasangan iklan dengan sistem broadcast melalui akun Line. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
Abstract
Line merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang dapat digunakan pada berbagai platform smartphone, yang difungsikan dengan menggunakan jaringan internet. Seiring berkembangnya waktu aplikasi ini bukan hanya digunakan sebagai sarana informasi dan komunikasi, oleh beberapa orang kreatif, aplikasi ini dimanfaatkan untuk media bisnis dengan membuka jasa pemasangan iklan, salah satunya dengan sistem broadcast. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mekanisme jasa pemasangan iklan melalui sistem broadcast melalui akun Line. 2) tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jasa pemasangan iklan dengan sistem broadcast melalui akun Line. Kegiatan bermuamalah baik secara langsung ataupun tidak langsung hukumnya boleh sampai ada dalil yang melarangnya. Hukum bermuamalah berpacu kepada Al-Qur’an dan Hadits dimana didalamnya mengatur konsep prinsip muamalah sesuai dengan syariah yang bertujuan agar terciptanya keadilan dalam bermasyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode dengan menggunakan data yang diperoleh dari pemilik akun Line dengan menggambarkan serta menganalisis secara utuh dan terintergrasi terhadap objek yang akan diteliti. Dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa: 1) mekanisme jasa pemasangan iklan bermula dari pihak pengguna jasa memilih akun yang akan digunakan untuk memasangkan iklannya dan menghubungi admin yang bersangkutan, kemudian pihak admin akan memberikan syarat dan ketentuan agar disesuaikan dengan iklan, setelah syarat dan ketetuan terpenuhi maka pegguna jasa melakukan transaksi pembayaran sesuai dengan tarif yang ditentukan. 2) Di dalam hukum ekonomi syariah transaksi atas jasa dan manfaat disebut dengan ijarah, pelakunya disebut sebagai mu’jir dan musta’jir. Dari hasil penelitian menunjukan akad yang digunakan dalam jasa pemasangan iklan antara pengguna jasa dan pemilik akun Line memenuhi rukun dan syarat dalam akad ijarah, sehingga dapat berakibat hukum bahwa transaksi antara pihak pengguna jasa dan pemilik akun merupakan akad yang sah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ekonomi syariah; jasa; broadcast; |
Subjects: | Islam > Islam and Economics Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Gina sekar Ayu |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 07:12 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 03:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13161 |
Actions (login required)
View Item |