Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Genius Learning pada materi usaha dan energi: Penelitian pre-experimental Kelas X MIA 2 MAN 2 Bandung

Muhammad, Arief (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Genius Learning pada materi usaha dan energi: Penelitian pre-experimental Kelas X MIA 2 MAN 2 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tujuan mempelajari fisika adalah untuk memahami penyebab dan dampak dari sebuah gejala yang muncul dalam kehidupan. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut antara lain melalui penerapan model pembelajaran Genius Learning. Genius Learning adalah model pembelajaran yang dapat memahami, melihat, mempraktekkan dan mendemonstrasikan secara langsung proses konsep-konsep terjadi dengan nyata dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas X MIA 2 MAN 2 Bandung dengan menggunakan teknik random sampling. Data keterlaksanaan peneliti dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, data peningkatan hasil belajar didapatkan melalui tes soal uraian (kognitif), lembar observasi (psikomotor) dan penilaian diri (afektif). Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan diperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan aktivitas peneliti 83% dan persentase rata-rata aktivitas siswa 83% dengan kategori baik. Perolehan penilaian afektif diri rata-rata sebesar 63 dengan kategori cukup dan untuk psikomotor sebesar 80 dengan kategori sangat terampil serta mengalami peningkatan tiap pertemuannya. Berdasarkan uji hipotesis statistik menggunakan uji wilcoxon menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan setelah menerapkan model pembelajaran genius learning dengan nilai N-Gain rata-rata 0,88 berkategori tinggi. Dengan demikian model pembelajaran genius learning dapat diterapkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Genius Learning;Hasil Belajar Siswa;Usaha dan Energi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Adult Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Arief Muhammad
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:13
Last Modified: 21 Sep 2018 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13271

Actions (login required)

View Item View Item