Pengaruh Current Ratio (CR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank BNI Syariah Tbk Periode 2014-2016

Mutiaulfah, Syifa (2018) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank BNI Syariah Tbk Periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bank syariah sebagai lembaga yang menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Kinerja bank syariah dapat dilihat dari laporan keuangan bank tersebut yang sudah dianalisis dengan alat ukur rasio. Analisis rasio membantu manajer keuangan dan pihak yang berkepentingan untuk menganalisa dan mengevaluasi kondisi keuangan untuk menunjukan sehat atau tidaknya suatu perusahaan. Semakin tinggi laba maka akan semakin tinggi Return On Asset (ROA), besarnya laba dipengaruhi juga oleh beberapa faktor seperti Current Ratio (CR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Return On Asset (ROA), (2) mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Asset (ROA), (3) untuk mengetahui Current Ratio (CR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank BNI Syariah Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data yang diambil dari laporan keungan tahunan yang diperoleh dari website resmi Bank BNI Syariah Tbk. periode triwulan 2014-2016. Adapun analisis data yang digunakan dengan analisis regresi linear sederhana, regresi linear berganda, kolerasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis uji t dan uji F, untuk pengelolaan data menggunakan program SPSS V.16 sebagai alat bantu. Hasil penelitian secara simultan ketiga variabel, yaitu memberikan hasil bahwa: (1) Nilai thitung Current Ratio (CR) diperoleh ttabel sebesar 2,22814. Hasil yang diperoleh dari pengujian uji t SPSS thitung 4,005. Hal ini thitung > ttabel (4,005>2,22814) dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Current Ratio (CR) terhadap Return On Asset (ROA). (2) Nilai thitung Capital Adequacy Ratio (CAR) diperoleh ttabel sebesar 2,22814. Hasil yang diperoleh dari pengujian uji t SPSS thitung -1,006. Hal ini thitung > ttabel (-1,006>2,22814) dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Asset (ROA). (3) Nilai Fhitung diperoleh Ftabel sebesar 4,26. Hasil yang diperoleh dari pengujian uji t SPSS Fhitung 7,516. Hal ini Fhitung > Ftabel (7,516>4,26) dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Current Ratio (CR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank BNI Syariah Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Private Accounting
General Management > Financial Management
General Management > Managerial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Syifa Mutiaulfah
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:15
Last Modified: 12 Sep 2018 03:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13371

Actions (login required)

View Item View Item