Pengaruh menghafal Al-Qur'an terhadap kecerdasan emosional: penelitian terhadap mahasiswi rumah Al-Qur’an UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Johari, Endah Wildani (2018) Pengaruh menghafal Al-Qur'an terhadap kecerdasan emosional: penelitian terhadap mahasiswi rumah Al-Qur’an UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak..pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan Rumah Qur’an UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan asrama tahfidz yang dikhususkan (Beasiswa) bagi mahasiswi yang memiliki hafalan minimal 5 juz yaitu mahasiswi semester 1 – 5 dari berbagai fakultas yang ada di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; 1) Realitas menghafal Al-Qur’an mahasiswi di Rumah Qur’an, 2) Realitas kecerdasan emosional mahasiswi di Rumah Qur’an, dan 3) Realitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional mahawiswi di Rumah Qur’an UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional yaitu menghafal Al-Qur’an. Pembetukan pribadi mahasiswi ini tentu tidak lepas dari adanya pengaruh pendidikan agama dalam hal ini pendidikan al-Qur’an yang diterapkan dalam diriya. Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses usaha atau prakarsa yang dilakukan oleh mahasiswi dalam proses belajar untuk suatu perubahan tingkah laku sehingga berkepribadian akhlak karimah, dalam hal ini kepribadian serta akhlak mahasiswi tersebut merupakan cara pengelolaan kecerdasan emosional yang didapatnya melalui menghafal Al-Qur’an. Dari asumsi tersebut dirumuskan hipotesis, semakin baik mahasiswi dalam menghafal Al-Qur’an maka akan semakin baik pula terhadap kecerdasan emosional mereka di Rumah Qur’an, tetapi sebaliknya semakin buruk mahasiswi dalam menghafal Al-Qur’an, maka akan semakin buruk pula kecerdasan emosional mereka di Rumah Qur’an. Secara umum metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, waawancara, angket, dan studi kepustakaan, Sampel yang diteliti sebanyak 50 orang mahasiswi. Tehnik pengolahan data yang dilakukan tehnik parsial dan analisis korelasi menggunakan statistik non parametik yaitu koefisien rank dari korelasi Spearman. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa realitas menghafal Al-Qur’an mahasiswi Rumah Qur’an sebesar 3,8 dengan kualifikasi positif. Realitas kecerdasan emosional mahasiswi Rumah Qur’an sebesar 3,88 dengan kualifikasi positif. Sementara itu, hasil penelitian variabel X data dengan menggunakan analisis korelasi menunjukkan bahwa keterkaitan antara menghafal Al-Qur’an sebesar 0,56 dengan tingkat korelasi sedang. Begitu pula dengan hasil analisis uji signifikansi korelasi menunjukkan bahwa t_(hitung>) t_(tabel )yaitu 4,67 > 2,035. Adapun kadar pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional mahasiswi di Rumah Qur’an mencapai 17 %. Oleh karena itu, 83% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Endah Wildani Johari
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:08
Last Modified: 19 Sep 2018 03:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13790

Actions (login required)

View Item View Item