Rahmah, Atiah Zakiah (2017) Penerapan model pembelajaran ICARE untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi fluida statis: penelitian pre-eksperimen di kelas X MIA 1 MA Negeri 5 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (979kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada pokok bahasan fluida statis setelah diterapkan model pembelajaran ICARE. Metode penelitan yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One-group Pretest-Postest. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIA 1 MAN 5 Garut, dengan jumlah sampel sebanyak 38 peserta didik. Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data literasi sains diperoleh melalui tes uraian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan ICARE diinterpretasikan sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 94%, dan persentase rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 79%. (2) Peningkatan literasi sains peserta didik dapat dilihat dari rata-rata N-Gain sebesar 0,60 yang diinterpretasikan sedang, dan kategori literasi sains berdasarkan jawaban peserta didik mengalami peningkatan dari nominal menuju multidimensional. Berdasarkan hasil uji wilcoxon match pair test dengan taraf kesalahan 5% diperoleh data yang menunjukkan bahwa Zhitung (5,373) > Ztabel (1,645), yang berarti terdapat peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran ICARE. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model pembelajaran ICARE untuk pokok bahasan yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ICARE; literasi sains; fluida statis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Atiah Zakiah Rahmah |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 07:26 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 07:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13922 |
Actions (login required)
View Item |