Wiweka, Apriani (2018) Penerapan model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) terhadap hasil belajar siswa pada materi organ dan sistem organ: penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas VII SMPN 17 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian KKM pada mata pelajaran IPA Biologi tidaklah mudah. Tidak sedikit siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada materi organ dan sistem organ, mendeskripsikan keterlaksanaan model ARIAS serta mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model ARIAS. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experiment dengan dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi perangkat pembelajaran model ARIAS untuk RPP 87,57% sedangkan LDPD 89,44% dengan kriteria sangat layak ; (2) keterlaksanaan pembelajaran model ARIAS di kelas VII F rata-rata mencapai 91,78% untuk aktivitas guru dan 87,66% untuk aktivitas siswa. keterlaksanaan pembelajaran model ARIAS di kelas VII J rata-rata mencapai 90,0% untuk aktivitas guru dan 88,4% untuk aktivitas siswa; (3) Hasil belajar siswa memperoleh ketuntasan KKM > 50% dan penguasaan materi cukup baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan dengan α 5% pada kelas VII F menunjukan nilai t hitung (7,92), t tabel (2,04) dan pada kelas VII J nilai t hitung (6,08), t tabel (2,04), maka H0 ditolak dan H1 diterima, kesimpulannya penerapan model ARIAS dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi organ dan sistem organ.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; ARIAS; Hasil belajar; Organ dan Sistem Organ |
Subjects: | Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Apriani Wiweka |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 07:44 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 07:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14101 |
Actions (login required)
View Item |