Penerapan model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) terhadap hasil belajar siswa pada materi organ dan sistem organ: penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas VII SMPN 17 Bandung

Wiweka, Apriani (2018) Penerapan model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) terhadap hasil belajar siswa pada materi organ dan sistem organ: penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas VII SMPN 17 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian KKM pada mata pelajaran IPA Biologi tidaklah mudah. Tidak sedikit siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada materi organ dan sistem organ, mendeskripsikan keterlaksanaan model ARIAS serta mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model ARIAS. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experiment dengan dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi perangkat pembelajaran model ARIAS untuk RPP 87,57% sedangkan LDPD 89,44% dengan kriteria sangat layak ; (2) keterlaksanaan pembelajaran model ARIAS di kelas VII F rata-rata mencapai 91,78% untuk aktivitas guru dan 87,66% untuk aktivitas siswa. keterlaksanaan pembelajaran model ARIAS di kelas VII J rata-rata mencapai 90,0% untuk aktivitas guru dan 88,4% untuk aktivitas siswa; (3) Hasil belajar siswa memperoleh ketuntasan KKM > 50% dan penguasaan materi cukup baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan dengan α 5% pada kelas VII F menunjukan nilai t hitung (7,92), t tabel (2,04) dan pada kelas VII J nilai t hitung (6,08), t tabel (2,04), maka H0 ditolak dan H1 diterima, kesimpulannya penerapan model ARIAS dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi organ dan sistem organ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; ARIAS; Hasil belajar; Organ dan Sistem Organ
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Apriani Wiweka
Date Deposited: 26 Sep 2018 07:44
Last Modified: 26 Sep 2018 07:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14101

Actions (login required)

View Item View Item