Nursyarifah, Ruhma (2018) Pengembangan Folenta sebagai Media Pembelajaran pada Materi Alat-alat Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran tidak akan berlangsung dengan baik apabila kurangnya pemberdayaan media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran alat peraga pada materi alat optik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran folenta, peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan media pembelajaran folenta dan respon peserta didik terkait media pembelajaran folenta. Media yang akan dikembangkan yaitu alat peraga “Eye Lens” tema mata karya Saputri dan Dewi. Penelitian ini meng¬gunakan metode penelitian pengembangan, dengan menggunakan desain ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Populasi yang dipakai adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Ciranjang, sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling diperoleh XI MIPA 6 sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji kelayakan alat folenta dengan nilai 83,3% termasuk kategori layak. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada sub materi alat optik mata sebesar 0,61% dengan kategori sedang. Hasil angket respon peserta didik terkait menunjukkan 88,54% sangat setuju untuk semua komponen. Dapat disimpulkan, media pembelajaran folenta layak digunakan sebagai alat praktikum pada pembelajaran alat optik mata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE;Alat Optik;Folenta;Media Pembelajaran;Penelitian Pengembangan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ruhma Nursyarifah |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 02:45 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 02:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14315 |
Actions (login required)
View Item |