Penerapan model pembelajaran Multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di MI: Penelitian kuasi eksperimen Kelas V MI Miftahul Falah Kota Bandung

Widayanti, Wita (2018) Penerapan model pembelajaran Multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di MI: Penelitian kuasi eksperimen Kelas V MI Miftahul Falah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa yang menurut PISA (Programme for International Student Assessment) menyatakan bahwa kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia rendah. Hal ini disebabkan karena siswa di Indonesia masih kesulitan dalam menerapkan konsep matematika ke kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran multiliterasi, kemampuan literasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi, kemampuan literasi matematis dengan menggunakan metode ceramah, dan perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi dan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran multiliterasi, sedangkan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah. Kedua kelas tersebut akan dilihat perbedaan peningkatannya dalam kemampuan literasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi Eksperimen dengan jenis Non-Equivalen Control Group Pretest-Postest dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta soal pretest dan posttest uraian kemampuan literasi matematis siswa. Data yang diperoleh menggunakan instrument penelitian tes kemampuan literasi matematis dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, hasil pengolahan data diperoleh : (a) Aktivitas guru dan siswa terlaksana dengan baik untuk setiap pertemuan; (b) Kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 52,00 dan nilai rata-rata posttest sebesar 69,54; (c) Kemampuan literasi matematis siswa menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 55,96 dan nilai rata-rata posttest sebesar 62,38; (d) Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS 16.0 dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa menggunakan model1 pembelajaran multiliterasi berpengaruh signifikan dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 37%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Multiliterasi; Kemampuan Literasi Matematis
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: wita yuhuu widayanti
Date Deposited: 26 Feb 2019 08:25
Last Modified: 26 Feb 2019 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14392

Actions (login required)

View Item View Item