Hanifah, Syifa (2018) Pengaruh konselor terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa: penelitian di MTs Al-Hijrah Cimaung Kabupaten Bandung kelas IX Ukhuwah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (967kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
Abstract
Setiap orang harus memiliki suatu kekuatan dalam dirinya untuk mencapai sukses. Kekuatan tersebut menegaskan bahwa dia telah diberi karunia oleh Allah SWT berupa bakat dan potensi terpendam. Bakat dan potensi tersebut diyakininya harus dikembangkan, dan dia merasa yakin bahwa dia mampu melakukannya. Merasa yakin akan kemampuan diri termasuk indikator dari individu yang memiliki rasa percaya diri. Para peneliti menemukan rasa percaya diri sering kali mengalami transisi dari sekolah dasar menuju sekolah menengah. Sesungguhnya, selama dan setelah mengalami banyak transisi hidup, rasa percaya diri individu sering mengalami penurunan. Fenomena ini terjadi pula pada siswa MTs Al-Hijrah Cimaung. Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa terdapat faktor dari luar yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri, diantaranya adalah lingkungan sekolah. Oleh karena itu lingkungan sekolah, semua pendidik, termasuk konselor sekolah yang aktif membantu setiap individu siswa dalam mengembangkan potensi dirinya termasuk rasa percaya diri setiap individu siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan yang dilakukan oleh konselor sekolah pada siswa MTs Al-Hijrah Cimaung kelas IX Ukhuwah, serta untuk mengetahui pengaruh konselor terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa MTs Al-Hijrah Cimaung kelas IX Ukhuwah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data diantaranya menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner/angket, literatur, dan dokumentasi. Karena masalah yang tersebut perlu diteliti secara sistematis dan faktual dengan menggambarkan keadaan atau fenomena yang terjadi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) layanan konselor sekolah di MTs Al-Hijrah Cimaung diantaranya adalah bimbingan pendidikan, bimbingan belajar, bimbingan sosial, bimbingan pribadi, bidang tata tertib di sekolah, bidang narkotika dan perjudian, dan bidang perilaku seksual. 2) Selain itu didapat dari perhitungan statistik bahwa hasil nilai signifikan uji t bahwa nilai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konselor; Rasa Percaya Diri; Siswa |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Syifa Hanifah |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 02:05 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 02:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14485 |
Actions (login required)
View Item |