Pengaruh strategi cooperative learning tipe Number Head Together (NHT) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan: penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Cianjur

Solihat, Eneng Siti (2018) Pengaruh strategi cooperative learning tipe Number Head Together (NHT) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan: penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy

Abstract

Guru sebagai pendidik perlu memahami mengenai inovasi pembelajaran. Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang telah dikembangkan oleh para ahli. Salah satu strategi yang dapat digunakan yaitu strategi Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, kemampuan berpikir kritis siswa, pengaruh strategi pembelajaran cooperative learning tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan dan mengetahui respon siswa pada strategi yang sama. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen karena kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Ihsan Sarampad Cianjur pada kelas VIII denga jumlah keseluruhan 62 orang siswa. Instrument yang digunakan berupa pilihan ganda beralasan berjumlah 15 butir soal pada pretest dan posttest. Kemudian terdapat data penunjang berupa lembar observasi dan angket respon siswa. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Keterlaksanaan siswa 84% dengan kategori sangat baik dan guru 97% dengan kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata n-gain sebesar 0,33 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol n-gain sebesar 0,04 dengan kategori rendah. Hasil uji t diperoleh thitung 3,19 > ttabel 2,02 pada taraf signifikansi 5%, artinya terdapat pengaruh pada siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT dengan tidak menggunakan pembelajaran NHT. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan NHT rata-rata 80,43% kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe NHT pada materi sistem pernapasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning; Number Head Together; Berpikir Kritis; Sistem Pernapasan
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Eneng Siti Solihat
Date Deposited: 17 Oct 2018 08:09
Last Modified: 17 Oct 2018 08:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14737

Actions (login required)

View Item View Item