Penerapan model pembelajaran Osborn Parnes berbantuan animasi Geogebra untuk meningkatkan kemampuan Koneksi Matematis siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 17 Bandung

Suhendar, Yusup (2018) Penerapan model pembelajaran Osborn Parnes berbantuan animasi Geogebra untuk meningkatkan kemampuan Koneksi Matematis siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 17 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan koneksi matematis siswa SMP yang masih rendah diperlukan suatu perbaikan. Penerapan model pembelajaran Osborn Parnes berbantuan animasi Geogebra menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Osborn Parnes berbantuan animasi Geogebra dan yang menggunakan model konvensional; (2) Perbedaan pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Osborn Parnes berbantuan animasi Geogebra dan siswa yang menggunakan model konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah); (3) Sikap siswa terhadap pembelajaran Osborn Parnes berbantuan animasi Geogebra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuasi Eksperimen dengan bentuk The Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Osborn Parnes berbantuan animasi Geogebra lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) Pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Osborn Parnes berbantuan animasi Geogebra lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah); (3) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan koneksi matematis antara siswa yang kategorinya tinggi, sedang dan rendah; (4) Tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah); (5) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Osborn Parnes berbantuan animasi Geogebra memberikan sikap yang positif, berdasarkan rata-rata skor sikap siswa (2,93) lebih besar dari skor sikap netral siswa (2,5).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematis; PAM; Osborn Parnes Berbantuan Animasi Geogebra.
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Yusup Yusup Suhendar
Date Deposited: 10 Oct 2018 07:29
Last Modified: 10 Oct 2018 07:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14767

Actions (login required)

View Item View Item