Zakiah, Ruliska Fatinah Nur (2018) Penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk mengetahui kemampuan literasi sains peserta didik SMP pada materi sistem ekskresi manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (350kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia disebabkan peserta didik lebih cenderung menghafal pelajaran dibandingkan dengan memahami konsep. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran CUPs, (2) menganalisis kemampuan literasi sains peserta didik sebelum dan setelah pembelajaran dengan model CUPs serta (3) menganalisis peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah pembelajaran dengan model CUPs. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran CUPs pada kelas VIII C untuk aktivitas guru diperoleh persentase 100% dan aktivitas peserta didik 95,29% dengan kriteria keduanya sangat baik. Sementara di kelas VIII H untuk aktivitas guru diperoleh persentase 100% dan aktivitas peserta didik sebesar 94.71% dengan kriteria keduanya sangat baik pula, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi sains peserta didik sebelum dan setelah pembelajaran dengan menerapkan model CUPs dengan Z hitung sebesar 7,27 dan tingkat signifikansi (α) 5% serta (3) kemampuan literasi sains peserta didik setelah pembelajaran dengan model CUPs mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,63 dan termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CUPs dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi Sistem Ekskresi Manusia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; model pembelajaran conceptual understanding procedures; kemampuan literasi sains; sistem ekskresi manusia |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ruliska Ruliska Ruliska |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 02:24 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 02:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14865 |
Actions (login required)
View Item |