Implementasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem: penelitian pada siswa kelas X di MA Al-Jawami Cileunyi Kab. Bandung

Rahman, Fatihatunnisa Ridha (2018) Implementasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem: penelitian pada siswa kelas X di MA Al-Jawami Cileunyi Kab. Bandung. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains pada peserta didik. Model pembelajaran TTW dipilih agar dapat meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan literasi sains dengan implementasi model pembelajaran TTW pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one-group pretest and posttest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling secara simple jenuh yakni menggunakan seluruh populasi sebagai sampel dengan jumlah 22 peserta didik di kelas X MIA. Instrument yang digunakan adalah wawancara, lembar observasi, tes kemampuan literasi sains, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi sains dengan perolehan N-Gain pretets dan posttest sebesar 0,48 dengan kriteria sedang. Peningkatan perindikator kemampuan literasi sains, dilihat dari perolehan N-Gain menunjukkan kriteria sedang dan tinggi. Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan thitung 22,6 lebih besar dari ttabel 20,4, maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa sebelum dan setelah penerapan menggunakan model pembelajaran TTW. Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik memiliki kriteria sangat baik dan didukung dengan respon peserta didik memiliki kriteria kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan; Kemampuan Literasi Sains Siswa; Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Fatihatunnisa Ridha Rahman
Date Deposited: 16 Oct 2018 02:37
Last Modified: 16 Oct 2018 02:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15077

Actions (login required)

View Item View Item