Lestari, Rissa Srirahayu (2018) Peningkatan kemampuan pemahaman, berpikir lateral matematis dan self confidence peserta didik melalui Pembelajaran Bentang Pangajen berbasis Konflik Kognitif: penelitian kuasi eksperimen di MTs AL - Irfan Tanjungsari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (734kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir lateral matematis peserta didik pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Bentang Pangajen berbasis Konflik Kognitif, Bentang Pangajen, dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling, didapat kelas IX-A, IX-B dan IX-C. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir lateral matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran bentang pangajen berbasis konflik kognitif, bentang pangajen, dan pembelajaran konvensional; (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir lateral matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran bentang pangajen berbasis konflik kognitif, bentang pangajen, dan pembelajaran konvensional; dan (c) self confidence perserta didik terhadap pembelajaran bentang pangajen berbasis konflik kognitif dan pembelajaran bentang pangajen. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yaitu soal pemahaman dan berpikir lateral matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala self confidence. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Hasil analisis gain ternomalisasi menyatakan adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir lateral matematis peserta didik dengan urutan peningkatan tertinggi adalah yang memperoleh pembelajaran BPBKK, Bentang Pangajen, dan pembelajaran konvensional; (b) Hasil analisis data n-Gain menyatakan terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman dan berpikir lateral matematis peserta didik antara yang memperoleh pembelajaran BPBKK, Bentang Pangajen, dan pembelajaran konvensional; (c) Berdasarkan analisis data skala self confidence peserta didik yang memperoleh pembelajaran Bentang pangajen berbasis konflik kognitif dan Bentang pangajen diketahui bahwa pada umumnya peserta didik merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konflik Kognitif; Bentang Pangajen; Pemahaman matematis; Berpikir Lateral Matematis; Self Confidence |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rissa Srirahayu Lestari |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 06:46 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 06:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15196 |
Actions (login required)
View Item |